Alat Pemotong Besi Baja – Bar Cutter

Alat Pemotong Besi Baja – Bar Cutter dapat diartikan sebagai alat pemotong baja tulangan yang dapat digerakkan menggunakan tenaga listrik, maka dari itu pekerjaan yang dilakukan pada saat melakukan pemotongan akan menjadi lebih cepat dan akan menghemat tenaga. 

Alat Pemotong Besi Baja - Bar Cutter

Di berbagai tempat pertukangan ada bermacam-macam jenis alat pemotong besi dengan beragam fitur dan spesifikasi yang berbeda juga, ada yang memiliki tipe bandsaw, plasma cutter, dan cutt off dalam mesin pemotong besi. Namun kebanyakan yang terdapat di negara maju alat yang digunakan untuk memotong besi sudah menggunakan tipe blade cold yang memiliki bentuk seperti gergaji sirkular.

Alat dengan tipe tersebut dapat digunakan untuk memotong berbagai jenis material metal, jadi tidak hanya digunakan untuk memotong besi. Untuk jenis mesin yang paling populer digunakan di Indonesia yaitu mesin cut off, karena mesin ini merupakan jenis mesin yang sangat efektif jika digunakan saat memotong berbagai logam, mulai dari mid steel sampai aluminium. Salah satu ciri – ciri dari mesin ini yaitu dapat mengeluarkan percikan bunga api ketika mesin ini digunakan untuk memotong.

Tips memilih mesin atau alat pemotong besi baja

Melihat daya pada mesin merupakan hal yang wajib dilakukan ketika kita memilih mesin pemotong besi, karena daya pada mesin tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan torsi yang dikeluarkan pada saat alat ini diaplikasikan untuk memotong besi. Apabila semakin besar dayanya maka semakin cepat juga alat ini untuk memotong.

Akan tetapi, disisi lain ada hal yang harus diperhatikan juga, yaitu perlu melakukan penyesuaian terlebih dahulu antara daya mesin dengan kesiapan listrik yang ada dirumah. Apabila mesin pemotong tersebut dibutuhkan hanya karena hobi, maka sebaiknya pilih mesin pemotong yang memiliki watt kecil. Namun apabila mesin pemotong tersebut digunakan untuk workshop dan proyek, maka bisa pilih mesin yang menggunakan daya besar.

1. Perhatikan Ukuran Pisau

Dalam pemilihan mesin pemotong besi ini, ukuran pisau juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Karena pada gergaji dengan model cut off sudah dibekai dengan banyak ukuran pisau yang tersedia. Biasanya ada yang memiliki ukuran 7 inci. 8 inci, bahkan ada yang ukurannya mencapai 14 inci. Selanjutnya hanya tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan bidang yang ingin dilakukan pemotongan. Pada umunya, ukuran pisau ini akan berbanding lurus dengan kekuatan daya listriknya

2. Pilih merek terbaik

Hal lainnya lagi yang perlu dipertimbangkan pada saat membeli mesin pemotong besi yaitu memilih merek terbaik. Mesin ini memiliki banyak merek terkenal yang ada diberbagai pasar, karena pada umumnya merek yang terkenal dan dapat memberikan jaminan mengenai kehandalan, jaminan keawetan, akurasi, serta jaminan sparepart saat terjadi kerusakan.

Jika dilihat dari segi desainnya, mesin pemotong besi yang bermerek cenderung lebih ergonomi sehingga lebih nyaman dalam penggunaannya. Walaupun dari segi harga terbilah lebih mahal. akan tetapi mesin bermerek dapat memberikan tingkat keakuratan pemotongan dengan baik. Selain itu, mesin pemotong tersebut juga dapat digunakan lebih awet.

3. Garansi

Ketika hendak membeli mesin pemotong besi, lebih baik kita mengecek ada tidaknya garansi dari sebuah produk atau mesin tersebut. Karena mesin dengan dibekai garansi dapat lebih aman dibanding dengan yang tidak bergaransi. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan maka tinggal gunakan garansi yang tersedia. Selain itu, service center juga perlu diperhatikan, pilih service center yang dapat dijangkau dan mudah diakses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *