Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan Terbesar di Dunia – Bendungan (Dam) adalah sebuah bangunan yang dibuat oleh manusia dengan cara menahan laju air sungai yang mengalir sehingga membentuk suatu tampungan air untuk menangani bencana alam seperti banjir bandang. Bendungan juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air secara bertahap atau berkelanjutan.

Bendungan Terbesar di Dunia

Selain itu bendungan juga bisa digunakan sebagai pembangkit listrik, kebutuhan air minum masyarakat, dan irigasi pertanian. Pembangunan sebuah bendungan tentu saja memerlukan waktu serta tenaga kerja yang sangat banyak sesuai dengan kebutuhan bendungan tersebut. Berikut merupakan 10 bendungan terbesar di dunia yang telah berhasil dibuat oleh manusia. Apa sajakah bendungan itu? Simak Penjelasan gambar dibawah :

1. Bendungan Kariba

Bendungan Kariba

Bendungan kariba terletak diperbatasan Zambia dan Zimbabwe, Afrika. Itu terletak 1300 kilometer dari hulu Samudra Hindia. Bangunan tanggul bendungan berbentuk lengkung beton ganda, yang dimiliki oleh otoritas Sungai Zambezi dan dibangun pada tahun 1955 sampai 1959 oleh perusahaan kontruksi impersit dari Italia. Bendungan yang memiliki ukuran panjang 628 meter dan tinggi 128 meter ini dapat menciptakan tampungan air dengan luas 5.580 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 185 miliar meter kubik. Bendungan kariba digunakan untuk mengendalikan banjir dan pembangkit listrik di daerah Zimbabwe dan Zambia. Bendungan ini memiliki 2 stasiun pembangkit listrik yang menghasilkan 1.470 MW energi listrik.

2. Bendungan Bratsk

Bendungan Bratsk

Bendungan Bratsk merupakan bendungan yang berada di Siberia, Rusia yang membendung Sungai Angara. Bendungan ini dimiliki oleh perusahaan Irkutskenergo yang dibangun pada tahun 1954 sampai tahun 1964 oleh perusahaan kontruksi Bratskgesstory. Bendungan ini memiliki panjang 1.452 meter dan tinggi 125 meter dapat menciptakan tampungan air dengan luas 5.540 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 169,27 miliar meter kubik. Bendungan Bratsk difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air, yang mampu mengoperasikan 18 turbin air yang menghasilkan energi listrik berkapasitas 4.500 MW.

3. Bendungan Akosombo

Bendungan Akosombo

Bendungan Akosombo atau yang sering dikenal dengan Bendungan Volta adalah sebuah bendungan hidroelektrik yang terletak di Ngarai Akosombo di Sungai Volta ini berada di Ghana, Afrika. Bendungan ini dibangun pada tahun 1961 sampai tahun 1966. Bendungan Akosombo memiliki panjang 700 meter dan tinggi 134 meter dapat menciptakan tampungan air seluas 8.500 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 144 miliar meter kubik. Bendungan Akosombo digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan juga wahana rekreasi. Di bendungan ini memiliki 6 alat generator turbo yang masing-masing menghasilkan daya listrik sebesar 128.000 Kilo Watt.

4. Bendungan Daniel Johnson.

Bendungan Daniel Johnson

Bangunan Daniel Johnson sebelumnya dikenal sebagai Manic-5,merupakan bangunan yang membendung Sungai Manicouagan yang berada di Kanada, Amerika Utara. Bendungan ini dibangun antara 1959 sampai 1970, yang memiliki panjang 1.310 meter dan tinggi 213 meter ini mampu menciptakan tampungan air dengan volume tampungan sebesar 139,8 miliar meter kubik. Bendungan Daniel Johnson digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Secara keseluruhan menghasilkan daya listrik dengan kapasitas sebesar 2.660 MW.

5. Bendungan Guri.

Bendungan Guri

Bendungan Guri atau Hidroeléctrica Simón Bolívar berada di Sungai Caroni, Venezuela, Amerika Selatan. Bendungan yang dibangun pada tahun 1963 sampai 1969, ini memiliki panjang 7.426 meter dan tinggi 162 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 4.000 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 135 miliar meter kubik. Bendungan Guri dibuat untuk memasok 70% keperluan energi listrik di Venezuela. Pembangkit listrik ini memiliki kapasitas sebesar 1.750 MW, pada tahun 1978 kapasitas ditingkatkan menjadi 2.065 MW yang dihasilkan oleh 10 turbin.

6. Bendungan Aswan.

Bendungan Aswan

Bangunan yang membendung sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil ini berada di kota Aswan, Mesir, Afrika. Bendungan ini dibangun pada tahun 1960, ini memiliki panjang 3.830 meter, tinggi 111 meter, dan lebar 980 meter ini mampu menampung tampungan air sebesar 132 miliar meter kubik. Bendungan Aswan digunakan untuk pengendalian banjir, pembangkit listrik tenaga air, serta irigasi pertanian. Sebelum bendungan ini dibangun sering terjadi banjir tahunan Sungai Nil selama akhir musim panas terus mengalir tanpa hambatan ke lembah dari cekungan drainase Afrika Timur.

7. Bendungan W.A.C Benett.

Bendungan W.A.C Benett

Bendungan ini berada di urata British Columbia, Kanada, Amerika Utara yang membendung Sungai Peace dan membentuk Danau Williston, salah satu danau yang terkenal di dunia. Bendungan ini dibangun pada tahun 1961 sampai 1968,yang memiliki panjang 2.068 meter dan tinggi 183 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 1.773 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 74 miliar meter kubik. Bendungan W.A.C. Benett dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Bendungan ini dinamai premier WAC Benett karena visinya memainkan peran utama dalam inisiasi,pengembangan,dan realisasi proyek. WAC Benett mampu dam memiliki kapasitas mengahasilkan lebih dari 13.000 GWh per tahun. Selain memiliki manfaat sebagai pembangkit listrik tenaga air, bendungan tersebut mampu memberikan peluang ekonomi diwilayah Biritish Columbia untuk perusahaan listrik dan untuk sejumlah besar pekerja.

8. Bendungan Krasnoyarsk

Bendungan Krasnoyarsk

Bangunan ini terletak di Sungai Yenisey sekitar 30 kilometer (19 mil) dari hulu Krasnoyarsk di Divinogorsk, Rusia. Bendungan ini dibangun pada tahun 1956 sampai 1972, dengan panjang 1.065 meter dan tinggi 124 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 2.000 kilometer persegi dengan volume tampungan sebesar 73,3 miliar meter kubik.Bendungan tersebut memasok sekitar 6000 MW daya, sebagian besar digunakan untuk memasok KrAZ (Krasnoyarsk Alumimievyy Zavod, pabrik Aluminium krasnoyarsk). Pembangkit listrik dan aluminium. Bendungan Krasnoyarsk digunakan sebagai pengendalian banjir, pembangkit listrik tenaga air, dan juga irigasi pertanian.

9. Bendungan Zeya.

Bendungan Zeya

Bendungan Zeya terletak di Sungai Zeya di Amur Oblast,Rusia utara, tepatnya di daerah perbatasan dengan Cina terdapat bendungan Zeya yang membendung Sungai Zeya. Bendungan ini dimiliki oleh perusahaan Rus Hydro dan dibangun oleh perusahaan kontruksi Zeyagesstory dan Bureyagesstory, yang mulai dikontruksi pada tahun 1965 sampai 1975. Bendungan yang memiliki panjang 714 meter dan tinggi 112 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 2.419 kilometer persegi dengan volume tampungan 68,42 miliar meter kubik. Bendungan Zeya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Bendungan ini memiliki 6 alat generator pembangkit listrik tenaga air yang menghasilkan listrik 1.290 MW per tahun. Pembangkit listrik tenaga air dibendungan ini adalah yang pertama yang menggunakan baling-baling turbin yang menyesuaikan diri dengan arus air.

10. Bendungan Robert Bourassa.

Bendungan Robert Bourassa

Bangunan yang yang membendung Sungai La Grande ini berada di utara Quebec, Kanada, Amerika Utara. Bendungan yang memiliki panjang dan 2.835 meter dan tinggi 162 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 2.815 kilometer persegi dengan volume tampungan sebesar 61,7 miliar meter kubik. Bendungan ini dimiliki oleh perusahaan Hydro Québec,yang mulai dibangun pada tahun 1974 sampai 1981.

Bendungan Robert Bourassa dimanfaatkan sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik tenaga air, dan irigasi pertanian. Bendungan ini menghasilkan kapasitas listrik sebesar 5.616 MW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *