Fungsi Vibro Roller dan Cara Kerjanya

Fungsi Vibro Roller dan Cara Kerjanya – Sekarang ini , sudah banyak alat berat dengan berbagai bentuk serta fungsi. Alat berat dimanfaatkan tidak lain untuk memudahkan pekerjaan manusia, terutama pada bidang konstruksi. Salah satu model alat berat yang dipakai untuk keperluan konstruksi yaitu vibro roller. Bagi masyarakat umum, mungkin mereka masih penasaran apa itu vibro roller padahal kemungkinan mereka pernah melihatnya. Kami akan membahas secara menyeluruh mengenai pengertian, fungsi dan cara kerja dari Vibro Roller.

Fungsi Vibro Roller dan Cara Kerjanya
Apa itu Vibro Roller?

Vibro Roller atau yang disebut juga dengan vibratory roller merupakan alat berat yang digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan pemadatan tanah. Alat berat ini banyak digunakan untuk menggilas dan juga memadatkan hasil timbunan. Sesuai dengan namanya, alat ini telah dilengkapi dengan vibrator untuk menjalankan tugasnya. Ketika menggunakan vibro roller, maka tanah yang dipadatkan menjadi lebih sempurna serta permukaan tanah menjadi lebih dinamis.

Alat ini berguna untuk membuat permukaan tanah menjadi lebih padat dan optimal dimana butiran-butiran tanah akan saling mengisi bagian yang kosong. Berbagai macam pekerjaan yang memerlukan pemadatan biasanya akan menggunakan vibro roller. Maka dari itu, alat berat ini biasa digunakan untuk konstruksi berskala besar ataupun kecil.

Fungsi Vibro Roller

Perlu kamu tahu bahwa vibro roller tergolong sebagai tandem roller. Artinya, alat ini mampu menggilas hingga memadatkan seluruh hasil timbunan. Proses pemadatan tanahnya dilakukan dengan bermacam pemampatan sampai dengan menggunakan metode getaran sehingga sangat sesuai digunakan pada jenis tanah berpasir maupun tanah yang berkerikil pasir. Melalui kegunaan vibro roller ini kita dapat mengetahui seperti apa hasil pemampatan yang dilakukan sehingga sangat cocok untuk pembuatan jalan.

Selain itu, secara umum vibro roller dibagi menjadi dua yaitu single drum dan double drum. Keduanya memiliki perbedaan yakni single drum mempunyai satu silinder dan double drum memiliki dua silinder. Untuk tekananannya, double drum mempunyai tekanan yang lebih besar jika dibandingkan dengan single drum.

Dibawah ini beberapa fungsi dari vibro roller :

  • Dapat memadatkan serta meratakan struktur permukaan tanah menjadi lebih kuat menahan beban yang ada diatasnya.
  • Biasanya digunakan sebagai pencegah terhadap berbagai tumpukan kotoran yang berasal dari kerikil ataupun debu yang ada dipermukaan tanah.
  • Alat ini juga digunakan sebagai pembasah terhadap medan agar debu-debu tidak berterbangan. Alat ini memiliki tangki air yang berkapasitas mencapai 25 liter.
  • Vibro roller juga berguna sebagai alat penggilas aspal beton untuk pembangunan jalan raya.

Dengan begitu, permukaan jalan raya tersebut akan lebih rata dan juga kuat sehingga mampu dilewati berbagai jenis kendaraan, terutama kendaraan besar.

Cek kondisi mesin sebelum mengoperasikan vibro roller

  • Cek apakah bahan bakar vibro roller sudah terisi penuh
  • Cek pada bagian tangki bahan bakar untuk mengetahui ada kebocoran atau tidak.
  • Cek kondisi mesin
  • Cek semua koneksi kabel serta pastikan bahwa semua sudah berada diposisi yang benar dan terpasang dengan rapat
  • Cek oli mesin
  • Cek bagian tangki air apakah sudah terisi dengan penuh
  • Atur batang kemudi. Caranya dengan mengencangkan baut dibatang tiang
  • Pastikan bahwa mesin sudah berada ditanah yang datar ketika melakukan semua pengecekan diatas.

Cara kerja vibro roller

Setelah mengerti apa pengertian serta fungsi vibro roller, maka sekarang kamu juga harus mengetahui bagaimana cara kerja vibro roller. Berikut ini akan kami jelaskan secara ringkas mengenai bagaimana vibro roller bekerja.

  • Pertama, Aturlah tuas gas diposisi minimum, yang bertujuan agar nanti tarikan gas tidak sampai terlalu kencang ketika mesin mulai dijalankan.
  • Kamu harus membuka katup pada tangki bahan bakar agar nanti bahan bakar vibro roller bisa turun kemesin.
  • Untuk menyalakan mesin, putarlah kunci pada posisi on.
  • Tarik tuas agar mesin bisa dihidupkan. Ketika mesin sudah hidup, langkah selanjutnya kamu harus memanaskan mesin vibro roller terlebih dahulu kurang lebih 5 sampai 10 menit, yang bertujuan untuk membuat jalannya oli menjadi lebih merata.
  • Jika sudah dipanaskan dan mesin sudah siap, maka kamu sekarang bisa mengatur tuas gas sesuai dengan kebutuhan.
  • Gunakan batang kemudi yang ada pada mesin agar mesin vibro roller dapat diarahkan dengan mudah selama proses pemadatan tanah.

Kapasitas vibro roller

Berkaitan dengan kapasitas yang dimiliki vibro roller, sekarang kita akan membahas seperti apa kondisi dari vibro roller ketika digunakan untuk berbagai pekerjaan pemadatan yang berbeda. Sebenarnya, perbedaan setiap kondisi ditentukan oleh keadaan ketebalan tanah yang akan dipadatkan. Kapasitas vibro roller dapat memberikan produktivitas terbaiknya dimulai dari ketebalan 20 cm hingga 122 cm. Berbeda halnya ketika vibro roller digunakan untuk memadatkan lapisan yang terbuat dari material bebatuan.

Pada bagian ini kinerja mesin bisa efektif sampai ketebalan mencapai 210 cm. berdasarkan kemampuan untuk memadatkan dua material yang berbeda inilah membuat kapasitas dari vibro roller tergantung dari jenis material penyusun lapisannya. Selain dua hal tersebut, sebenarnya masih ada hal lainnya yaitu bobot dari vibro roller juga berpengaruh terhadap kapasitasnya.

Bisa disimpulkan bahwa vibro roller menawarkan fungsi yang menarik sehingga tidak heran jika alat berat yang satu ini sering digunakan untuk berbagai keperluan, terutama pembangunan jalan. Saat ini sudah banyak kontraktor atuapun para pengembang berskala besar yang sudah menggunakan vibro roller karena mampu memberikan hasil pekerjaan yang lebih baik dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *