Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Ramadhan 1442 H

Menurut informasi yang sudah diberitakan atau dipublikasikan untuk wilayah Indonesia mengenai puasa bulan suci Ramadhan 2021 ternyata tiba di hari Selasa, 13 April 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Kementrian Agama secara langsung di Indonesia seusai menggelar kegiatan sidang Isbat yang dilakukan bersama – sama dengan jajaran yang lainnya.

Mengenai keputusan hasil sidang isbat tersebut tentang jatuhnya 1 Ramadhan 1442 H pada hari Selasa, 13 April 2021 tentu hal tersebut sudah disepakati oleh para peserta sidang Isbat yang turut serta dalam sidang tersebut. Dengan demikian menghasilkan keputusan bahwa 1 Ramadhan 1442 H ditetapkan pada hari Selasa 13 April 2021.

Keputusan tersebut tentunya sudah mempertimbangkan dengan dua hal yaitu sudah memperhatikan perhitungan hisab atau astronomis, dan juga para peserta sidang isbat sudah mendengarkan secara langsung laporan hasil pemantauan mengenai hasil pemantauan hilal. Kedua hal tersebut yang memperkuat keputusan Kementerian Agama untuk menjatuhkan hasil sidang Isbat mengenai waktu tibanya 1 Ramadhan 1442 H.

Dengan ditetapkannya puasa 1 Ramadhan 1442 H pada hari Selasa, 13 April 2021, maka hal tersebut tidak terlepas dari waktu imsak yang biasanya terjeda sekitar 10 menit sebelum adzan subuh. Jika menurut istilah puasa, imsak merupakan suatu kegiatan untuk menahan diri dari segala hal yang berdampak membatalkan puasa untuk itu agar kita mampu menahan diri dari makan, minum, maupun jima.

Untuk wilayah di Indonesia biasanya jadwal imsak sudah menjadi hal yang familiar dan pada  umumnya pemerintah di Indonesia pada Kementerian Agama dalam menanggapi perihal tersebut nantinya akan menambahkan kolom jadwal imsak pada informasi jadwal sholat lima waktu. Rata – rata jadwal imsak akan berjeda sekitar 10 menit sebelum waktu sholat subuh tiba selama bulan Ramadhan.

Pada artikel ini, untuk jadwal imsak akan ditujukan pada berbagai kota besar yang terdapat di sekitar Indonesia seperti Jogja, Surabaya, Jakarta, Purwokerto, Semarang, Padang,  dan juga Makasar. Terkait adanya jadwal imsak tersebut maka berperan sekali dalam membantu memberikan informasi untuk memudahkan Anda mengetahui kapan dimulainya puasa dan kapan waktu berbuka puasa yang tepat.

Tidak hanya terdapat jadwal imsak, namun ada juga jadwal sholat lima waktu. Adanya jadwal sholat lima waktu selama bulan Ramadhan ini akan memberikan Anda kemudahan untuk menyesuaikan ketepatan waktu sholat lima waktu selama masa bulan Ramadhan 1442 H. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat jadwal imsak Ramadhan 1442 H dan juga jadwal sholat lima waktu selama bulan Ramadhan ini melalui gambar yang tersedia.

Berikut jadwal solat dan imsakiah untuk beberapa kota besar di Indonesia :

1. Kota Jakarta

Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Ramadhan 1442 H Jakarta

DOWNLOAD JADWAL

2. Kota Purwokerto

3. Kota Semarang

4. Kota Yogyakarta

5. Kota Surabaya

6. Kota Makassar

7. Kota Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *