Kabel Serat Optik

Kabel serat optik dapat diartikan sebagai serangkaian kabel yang terbuat dari serat kaca ataupun bahan plastik yang memiliki kualitas dan kemurnian yang tinggi, sehingga ketika digunakan dapat melewati cahaya. Pada umumnya untuk jenis kaca yang biasanya digunakan pada kabel serat optik tersebut berupa kaca silica.

Kegunaan Kabel Serat Optik

Kabel serat optik diciptakan dengan dibekali berbagai manfaat atau kegunaan yang akan memberikan keefisienan kepada pengguna ketika mengaplikasikan ataupun menggunakan alat ini. Adapun berbagai kegunaan fiber serat optik tersebut meliputi :

  • Telekomunikasi, pada bidang telekomunikasi ini terdiri dari telepon, komputer, dan berbagai rangkaian televisi.
  • Pengobatan, fiber serat optik juga dapat digunakan sebagai pengobatan yang dimana biasanya digunakan untuk melakukan pemeriksaan dan pembedahan.
  • Teknik, fiber serat optik digunakan sebagai teknik biasanya untuk melihat keadaan yang terdapat di dalam engine.
  • Plumbing, fiber serat optik ini juga dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan pipa pada pembuangan kotoran.

Komunikasi Serat Optik Bawah Laut

Komunikasi serat optik ini disebut sebagai media komunikasi yang menggunakan kabel serat optik, dan digunakan dalam bentuk informasi yang kemudian diubah menjadi sinyal optik dalam bentuk cahaya, dengan menggunakan sumber cahaya LED. Dalam penggunaan lainnya, biasanya kabel serat optik ini digunakan juga untuk menghubungkan jarak jauh dan kabel laut. Biasanya untuk hubungan yang bersifat lokal akan digunakan untuk membawa sinyal informasi berupa multimedia.

Kelebihan Komunikasi Fiber Optik Bawah Laut

Dalam pengaplikasian komunikasi fiber optik bawah laut ini sudah dibekali juga dengan kelebihan yang mampu menunjang kinerja alat ini menjadi lebih optimal. Berikut ini kelebihan yang terdapat pada komunikasi fiber optik bawah laut :

  1. Fiber optik bawah laut memiliki lebar bidang yang luas, sehingga akan memberikan kemudahan dalam menampung informasi yang besar.
  2. Komunikasi fiber optik  bawah laut juga sudah dibekali dengan tingkat kecepatan yang tinggi, oleh karena itu akan meminimalisir serta mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi noise.
  3. Dalam penggunaannya, komunikasi fiber optik dapat digunakan dengan baik dan tidak akan terpengaruh oleh medan elektris maupun medan magnetis
  4. Pada komunikasi fiber optik bawah laut ini sudah dibekali dengan syarat dalam kabel yang terjamin keamanannya.
  5. Fiber optik bawah laut ini memiliki keunggulan yang dimana seratnya memiliki ketahanan terhadap gas beracun, bahan kimia, dan air, sehingga fiber optik bawah laut ini sangat cocok ditanam di dalam tanah.
  6. Fiber serat optik ini dibekali dengan substan yang rendah, sehingga dapat memperkecil jumlah sambungan dan jumlah pengulangannya.

Kabel Serat Optik

Kekurangan Komunikasi Fiber Optik Bawah Laut

Tidak hanya kelebihan yang terdapat pada komunikasi fiber optik bawah laut, akan tetapi terdapat juga kekurangan pada komunikasi fiber optik bawah laut yang terdiri dari : 

  1. Dalam penggunaan fiber optik bawah laut ini membutuhkan biaya yang cukup mahal dari segi peralatannya.
  2. Untuk menggunakan komunikasi fiber optik bawah laut ini diperlukan konversi data listrik ke cahaya dan sebaliknya yang memakan proses dengan cukup rumit.
  3. Dari segi prosedur pemakaian dan pemasangannya memerlukan peralatan yang khusus.
  4. Untuk melakukan perbaikan yang kompleks diperlu tenaga yang ahli di bidang komunikasi fiber optik bawah laut.
  5. Komunikasi fiber optik bawah laut ini bisa menyerap hidrogen yang akan menyebabkan terjadinya loss data.
  6. Komunikasi fiber optik juga dapat menimbulkan kerusakan ekosistem di bawah laut

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *