Pengertian Teknologi Informasi Hingga Manfaatnya

Pengertian Teknologi Informasi – Teknologi saat ini sangat lah berkembang, termasuk teknologi informasi. Perkembangan teknologi tidak akan semaju saat ini tanpa adanya teknologi informasi. Dengan pentingnya teknologi informasi untuk manusia. Bisa diartikan bahwa teknologi informasi merupakan sebuah fasilitas yang terdiri dari software dan hardware guna meningkatkan kualitas informasi berkualitas dan cepat bagi masyarakat.

Pengertian Teknologi Informasi

Suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) merupakan pengertian teknologi informasi secara umum. Dalam bidang bisnis teknologi informasi berperan tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai sarana untuk berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting.

Teknologi Informasi

Sejarah Teknologi Informasi

Pada zaman dahulu, bahasa merupakan teknologi yang digunakan manusia untuk saling bertukar informasi. Bahasa dinilai dapat membuat seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Namun teknologi bahasa tersebut tidak dapat bertahan lama, karena setelah informasi yang disampaikan selesai, penerima dapat melupakannya atau tidak dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Jangkauan suara pun terbatas saat itu.

Kemudian teknologi bahasa atau penyampaian informasi melalui bahasa mulai berkembang menjadi melalui gambar. Jangkauan informasi yang tersampaikan kepada orang lain melalui media gambar pun dapat lebih jauh dan dapat dibawa kemanasaja. Hal yang menunjukkan bahwa informasi melalui media gambar dapat bertahan lebih lama yaitu gambar peninggalan zaman purba yang masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya zaman dahulu.

Setelah teknologi bahasa dan gambar, para manusia purba dahulu mengembangkan teknologi hingga ditemukannya alfabet dan angka arabik. Teknologi alfabet tersebut memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien pada suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa. Kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLII diganti dengan 1942. merupakan gambaran informasi yang disampaikan.

Teknologi terus berkembang seiringnya waktu, hingga muncul teknologi percetakan yang mampu mempercepat pengiriman informasi. Informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan dengan adanya teknologi elektronik seperti komputer, televisi, radio.

Fungsi Teknologi Informasi

Dengan kecanggihannya teknologi informasi saat ini, tidak mungkin jika tidak adanya fungsi. Teknologi informasi memiliki enam fungsi. Berikut penjabaran fungsi :

1. Storage : Fungsi teknologi informasi sebagai penyimpanan

Media yang digunakan seperti hard disk, CD (compact disc), tape, disket, dan sebagainya. Kegunaannya yaitu merekam atau menyimpan data dan informasi.

2. Retrieval : Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pencari Kembali

Contohnya dalam mencari supplier yang sudah lunas dan sebagainya. Hal tersebut guna menelusuri, mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan dan dapat memudahkan user serta menghemat waktu juga. Karena ada kalanya sebuah data yang telah disimpan sulit ditemukan karena terlalu penuh.

3. Transmission : Fungsi teknologi informasi sebagai transmisi

Pengguna dapat mengirimkan sebuah data dari user A ke user lainnya dengan mudah tanpa perlu menyalin satu persatu cukup dengan saling sharing saja.

4. Capture : Menangkap

Fitur capturing di sini diartikan sebagai penginput, yang berarti menerima inputan dari scanner,keyboard, mic, dll.

5. Processing : Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pengolah

Memudahkan pengguna saat mengolah file maupun data atau berfungsi mengkompilasikan catatan rinci aktivitas.

6. Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi

Pengolahan dan pemprosesan berupa konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala bentuk data dan informasi, user dapat dimudahkan akan hal tersebut dengan adanya fungsi ini.

7. Generating : Fungsi Teknologi Informasi sebagai Menghasilkan

Misalnya grafik dan table berperan sebagai alat untuk mengorganisasikan suatu informasi ke dalam sebuah bentuk yang lebih terarah dan mudah dipahami.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan diciptakannya teknologi informasi guna memudahkan user dalam memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Dengan adanya teknologi informasi dapat memberikan solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiensi dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja.

Manfaat Teknologi Informasi

Dalam aktivitas sehari-hari teknologi informasi sangatlah penting sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik yang bisa membantu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Beberapa manfaat berdasarkan kebutuhannya :

– Dalam Dunia Bisnis dan Perbankan

Menyimpan berkas dengan lebih aman dan sistem perbankan yang lebih maju serta membantu dalam transaksi.

– Dalam bidang kedokteran

Media yang terpakai seperti scan, Radiologi, maupun Usg. Guna mendiagnosa suatu penyakit dan mengambil gambar semua organ tubuh dengan komputer.

– Dalam bidang pendidikan

Sarana memudahkan dalam menumbuhkan kreativitas siswa Sekaligus sumber informasi yaitu komputer.

– Dalam bidang kriminal

Dapat melacak berbagai macam kejahatan seperti pelanggaran lalu lintas dan sidik jari bahkan hingga kejahatan sekelas cybercrime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *