Peralatan Pembuatan Jalan Aspal

Peralatan Pembuatan Jalan AspalTahukah kalian manfaat dari jalan? Ya, tentu kalian tahu jalan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Pasti akan mengganggu aktivitas jika jalan yang kita lewati rusak. Oleh sebab itu,  jalan dibuat dari bahan dan alat yang canggih. Lalu, apa saja alat yang sering digunakan dalam pembuatan jalan? Berikut ulasan mengenai macam-macam alat yang sering digunakan untuk membuat jalan, antara lain :

Peralatan yang Digunakan Untuk Pembuatan Jalan

Peralatan Pembuatan Jalan Aspal

1. Excavator

Excavator merupakan peralatan pada proyek konstruksi jalan yang digunakan untuk menggali tanah dalam pekerjaan cut and fill lahan proyek.

2. Dump Truck

Dump truck adalah salah satu peralatan yang digunakan pada proyek konstruksi jalan untuk mengangkut material seperti material timbunan, aspal, agregat pondasi kelas A dan pasir.

3. Water Tank Truck

Kegunaan water tank truck sendiri adalah untuk mengangkut air. Hal ini digunakan untuk pekerjaan pemadatan lapis pondasi agregat kelas A, setelah penghamparan material selesai kemudian dipadatkan dan di siram air menggunakan water tank ini.

4. Vibratory Roller

Vibratory roller merupakan alat pemadat yang menggabungkan antara getaran dan tekanan. Alat vibratory roller ini sendiri memiliki efisiensi pemadatan yang baik.

5. Motor Grader

Motor grader merupakan bagian dari alat berat yang berfungsi sebagai alat penghampar atau alat perata. Alat ini biasa digunakan untuk meratakan dan membentuk permukaan tanah. Selain itu alat ini juga dapat digunakan untuk mencampurkan dan menebarkan tanah dan campuran aspal.

6. Pneumatic Tire Roller

Pada area pekerjaan, perlu dibebaskan dari benda-benda tajam yang dapat merusak roda karena untuk pneumatic tire roller, alat terdiri atas roda-roda ban karet yang dipompa atau pneumatic. Susunan dari roda belakang dan roda muka bergantian, sehingga bagian yang tidak tergilas oleh roda bagian muka maka akan digilas oleh roda bagian belakang. Alat ini baik digunakan pada penggilasan lapisan hot mix sebagai penggilas antara dan pada penggilasan bahan yang bergranula.

7. Tandem roller

Tandem roller merupakan alat pemadat atau penggilas yang terdiri atas 2 poros atau two axle dan 3 poros atau three axle tandem rollers. Umumnya, penggunaan dari penggilas ini untuk mendapatkan permukaan yang agak halus, misalnya pada penggilasan aspal beton dan lainnya. 

Pada masing-masing rodanya, tandem roller ini memberikan lintasan yang sama dengan berat 8 hingga 14 ton dan untuk penambahan berat yang diakibatkan oleh pengisian zat cair atau ballasting berkisar antara 25% – 60% dari berat penggilas. Biasanya digunakan three axle tandem roller untuk mendapatkan penambahan kepadatan pada pekerjaan penggilasan.

8. Asphalt finisher

Asphalt finisher memiliki fungsi untuk meratakan lapisan dan menghamparkan aspal olahan dari mesin pengolah aspal. Membutuhkan trailer untuk mengangkut alat ini ke medan proyek karena konstruksi Asphalt Finisher cukup besar. Asphalt Finisher disebut dengan crawler track dengan hopper yang tidak beralas karena mempunyai roda yang berbentuk kelabang.

Untuk di bawah hopper tersebut juga terdapat pisau yang selebar hopper. Dimulai dengan memasukkan aspal ke hopper merupakan awal dari proses penghamparan. Selanjutnya aspal akan langsung turun ke permukaan dan disisir oleh pisau. Pisau ini juga dapat mengatur tingkat kerataan yang diinginkan.

9. Alat-Alat konvensional

Alat-alat konvensional merupakan peralatan sederhana yang dipakai untuk membantu pekerjaan yang dilakukan oleh para tukang. Alat-alat konvensional tersebut meliputi kereta dorong, garuk, sekop tangan, traffic cone, sapu lidi, dll.

10. Termometer Inframerah

Termometer inframerah merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur radiasi energi dan mendeteksi temperatur atau suhu secara optik selama objek diamati. Dengan metode pengukuran suhu melalui objek dari kejauhan dan tanpa disentuh, alat ini menawarkan hasil yang cepat dan akurat. 

11. Aspal Distributor

Aspal distributor merupakan sebuah truk yang dilengkapi dengan batang penyemprotan, pompa dan tangki aspal. Aspal distributor akan didatangkan langsung dari kontraktor, pada proyek ini.

12. Alat Core Drill

Core Dril merupakan alat yang dipakai untuk mengambil atau menentukan sampel perkerasan di lapangan sehingga bisa diketahui tebal perkerasannya dan dapat juga untuk mengetahui karakteristik campuran perkerasan.

13. Alat Sand cone

Alat Sand cone merupakan alat yang dipakai dengan menggunakan pasir Ottawa sebagai parameter kepadatan yang mempunyai sifat keras, kering, bersih, tidak mempunyai bahan pengikat sehingga bisa mengalir bebas untuk pemeriksaan kepadatan tanah di lapangan.

14. Alat CBR

Alat CBR atau California Bearing Ratio merupakan alat yang dipakai untuk menentukan tebal suatu bagian perkerasan dan menghasilkan hasil suatu perbandingan antara beban percobaan atau test load dengan beban standar atau standar load serta dinyatakan dalam bentuk persentase.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *