Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan – Dalam era globalisasi saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat terutama dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan berguna memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan. Sehingga penting untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi.

Sebagian besar sekolah di Indonesia masih banyak yang belum menggunakan teknologi sebagai media pendidikan. Padahal penggunaan teknologi terbukti mampu mengurangi rasa jenuh selama mengikuti pelajaran dan mampu meningkatkan minat belajar anak dengan tampilan yang lebih menarik.

Pentingnya Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Media atau aplikasi yang dibuat secara canggih dan dimanfaatkan sebagai teori serta praktik dalam pembelajaran, sebagai sumber belajar merupakan maksud dari teknologi pembelajaran. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi merupakan teknologi yang banyak digunakan saat ini.

Penyediaan komputer dan internet di tiap-tiap sekolah merupakan salah satu penunjang media yang digunakan dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran yang memadai akan memberikan dampak positif bagi para siswa. Siswa akan lebih mudah dalam mencari informasi yang diperlukan selama proses pembelajaran.

Manfaat Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

1. Materi Pembelajaran yang lebih menarik

Dengan adanya teknologi, materi yang disampaikan akan lebih menarik dengan itu peserta didik akan lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Dengan teknologi yang canggih pula akan lebih variatif dan modern dalam penyampaian informasi.

2. Informasi bertambah

Selain menggunakan sumber dari buku dan media cetak, teknologi juga bermanfaat sebagai sarana pendukung dalam membantu para siswa mencari informasi yang lebih luas

3. Akses belajar akan lebih mudah

peserta didik dapat dengan cepat menyelesaikan dan mengumpulkan tugas atau materi belajar melalui email yang diberikan oleh guru. Dengan hal tersebut teknologi untuk pendidikan sangat memudahkan proses pembelajaran.

4. Minat belajar meningkat

Adanya teknologi yang memadai saat ini , para peserta didik dapat dengan mudah dan lengkap mengakses pengetahuan di berbagai sumber sehingga membuat siswa lebih minat dalam melaksanakan pembelajaran. Selain pemakaian teknologi dalam pendidikan memiliki banyak manfaat untuk kelangsungan pembelajaran siswa. Dengan mudahnya informasi yang dapat diakses , para orang tua harus tetap mengawasi anak anaknya karena selain informasi positif yang terakses, banyak pula informasi negatif yang dengan mudahnya terakses pula.

5. Meningkatkan kemampuan belajar

Di bawah pengawasan guru, para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan dengan adanya teknologi informasi yang ada di Internet lebih update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *