Peranan Teknologi Informasi

Peranan Teknologi Informasi –  Teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat , banyak manusia telah bergantung kepada teknologi terutama teknologi informasi. Teknologi informasi saat ini bagaikan sumber bagi pengguna mendapatkan berbagai informasi dari berbagai media. Sehingga dapat dikatakan teknologi informasi saat ini memang berperan sangat penting dalam berbagai bidang.

Peranan Teknologi Informasi

Peranan dan Pentingnya Teknologi Informasi

Secara garis besar teknologi informasi memiliki peranan sebagai berikut :

1. Peran manusia tergantikan oleh peranan teknologi informasi seperti dalam melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
2. Menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses, pernyataan tersebut memperkuat peran manusia tentang teknologi informasi
3. Berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses dan berperan dalam restrukturisasi terhadap peran
manusia.

Dalam bidang bisnis, teknologi informasi menyediakan adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif, meningkatkan fleksibilitas, tanggapan, dan mengurangi biaya. Sehingga banyak perusahaan yang berani melakukan investasi yang tinggi di bidang teknologi informasi guna mendukung berbagai aktivitas atau kegiatan operasional perusahaan.

Dengan adanya teknologi informasi, manusia sangatlah diuntungkan dalam berbagai hal seperti transaksi melalui online atau internet yang dikenal dengan e-commerce, transfer uang melalui fasilitas e-banking yang dapat dilakukan dari rumah.

Selain itu untuk meningkatkan dan mempertahankan posisi kompetitif, meningkatkan fleksibilitas dan tanggapan serta mengurangi biaya juga salah satu menjadi alasan untuk berani dalam melakukan investasi. Sebagai contoh, mengingat persaingan antar bank yang sangat ketat menjadikan banyak bank berlomba-lomba untuk memperluas jaringan ATM di berbagai tempat guna meningkatkan layanan kepada nasabah.

Beberapa alasan mengapa penerapan maupun pengelolaan teknologi informasi menjadi salah satu bagian penting yaitu :

1. Kompleksitas dari tugas manajemen meningkat
2. Globalisasi atau Pengaruh ekonomi internasional
3. Kecepatan waktu tanggap diperlukan
4. Tekanan yang disebabkan adanya persaingan bisnis

Komponen Teknologi Informasi

Beberapa komponen teknologi informasi adalah :

1. Perangkat keras (Hardware)

menerima data dan informasi, memproses data dan menampilkan data. Peralatannya seperti processor, monitor, keyboard, dan printer.

2. Perangkat lunak (Software)

memungkinkan hardware memproses data dari Kumpulan program-program komputer.

3. Fasilitas jaringan dan komunikasi (Database)

kumpulan record-record atau file yang menyimpan data dan saling berhubungan serta terorganisasi diantarannya.

4. Basis data (Network)

di antara komputer-komputer yang berbeda dan terhubung menunjang adanya pemakaian bersama sumber.

5. People

merupakan orang orang yang bekerja menggunakan outputnnya, dan termasuk elemen yang paling penting dalam teknologi informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *