Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi – Di era yang semakin modern ini perlu diketahui bahwa teknologi komunikasi dan informasi merupakan teknologi yang dibutuhkan sebagai media untuk melakukan pengolahan berita atau informasi yang diaplikasikan dengan menggunakan komputer elektronik , perangkat komunikasi, ataupun perangkat lunak yang berperan untuk menyimpan, memproses, melindungi, ataupun mengkonversi.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Hadirnya teknologi komunikasi dan informasi yang kini semakin canggih merupakan hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang berjalan dengan cepat dari waktu ke waktu.

Pada masa lampau, penyebaran informasi dapat dilakukan melalui cara tradisional. Namun berbeda dengan yang saat ini, bahwa penyebaran teknologi yang saat ini dilakukan dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih. Untuk melakukan penyebaran informasi dapat dilakukan melalui peralatan teknologi informasi dan komunikasi seperti telepon pintar, televisi atau media komunikasi modern yang lainnya.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang cepat ini berdampak pada manfaat yang dirasa sangat besar dalam kehidupan manusia. Untuk memudahkan komunikasi dan pekerjaan manusia, kini perangkat dengan teknologi baru mulai diterapkan. Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi bagi manusia yang diantaranya terdiri dari :

1. Memudahkan dan Mempercepat Komunikasi

Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi di era yang semakin modern ini tentunya dapat memudahkan manusia dalam berkomunikasi, serta memberikan keefisienan waktu dalam berkomunikasi. Kemudahan dan keefisienan dalam komunikasi dapat diperoleh melalui internet sebagai media komunikasinya. Adanya koneksi internet yang cepat, akan membuat kita dapat melakukan komunikasi dengan cepat pula melalui surat elektronik ataupun konferensi video yang dimana akan menghemat waktu dan juga biaya.

2. Memudahkan Akses Informasi

Adanya internet tidak hanya memberikan kemudahan dalam melakukan komunikasi, namun juga dalam mengakses informasi. Melalui kemudahan dalam mengakses informasi ternyata memberi dampak yang baik dalam peningkatan pengetahuan kita.

3. Mempersingkat Waktu dan Menghemat Biaya

Hal yang penting dalam dunia industri yakni terdiri dari biaya produksi dan juga waktu. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan juga teknologi informasi dalam hal produksi memerlukan cara yang manual dimana hal tersebut berdampak pada biaya dan waktu yang tidak sedikit. Kejadian ini disebabkan oleh adanya teknologi komunikasi dan informasi sehingga proses produksi dapat dilakukan setiap hari dengan cepat dan biaya dapat dikurangi . Dengan ini dapat juga meningkatkan laba bagi setiap perusahaan.

4. Proses Perdagangan Dilakukan Secara Elektronik

Di dunia bisnis, perdagangan merupakan kegiatan dari pertukaran, pembelian, ataupun penjualan berbagai macam komoditas kepada sejumlah pihak yang melibatkan pergerakan dari satu tempat ke tempat lainnya. Perdagangan dilakukan secara barter atau bertukar barang sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi.

Sistem perdagangan barter lalu berganti dengan sistem pembayaran. Hal ini terjadi seiring dengan ditemukannya alat pembayaran. Proses jual beli ini dilakukan dengan menggunakan alat pembayaran yang sah. Sistem seperti ini membuat proses perdagangan berjalan dengan sangat lambat dan memerlukan biaya yang mahal. Sehingga tidak jarang para pemasar harus dapat mencari cara dalam hal memasarkan produknya ke dalam pasar global.

Semakin majunya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi maka perdagangan dilakukan secara elektronik atau e-commerce yang dimana memberikan peran penting dalam sebuah perekonomian.

5. Transaksi Dilakukan Secara Daring

Selain perdagangan yang dilakukan secara daring maka proses transaksi juga dapat dilakukan secara daring. Hal ini dapat dijumpai dalam sistem perbankan. Sebelum teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang, sistem perbankan dilakukan secara manual yaitu mengambil deposit secara langsung dan transaksi hanya dapat dilakukan saat jam kerja dan hari kerja.

Namun seiring kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sudah mengubah sistem perbankan menjadi lebih maju. Saat ini, proses transaksi dapat dilakukan dalam waktu 24 jam yaitu  kapan pun dan dimana pun. Beragam layanan perbankan secara daring sudah banyak ditawarkan contohnya layanan daring, dan lain sebagainya.

6. Proses Komunikasi Pembelajaran Menjadi Semakin Menarik.

Teknologi komunikasi dan informasi selain dimanfaatkan di bidang ekonomi namun dimanfaatkan juga di bidang pendidikan. Berbagai macam media pembelajaran yang berbasis komputer dan internet sedang digunakan di dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar bukan hanya dapat terjadi di ruang kelas namun dapat dilakukan secara daring.

Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi di dunia pendidikan semacam ini biasa disebut dengan e-learning. Dengan e-laerning maka materi pembelajaran pun dapat disajikan secara multimedia yang sekaligus adalah karakteristik media pembelajaran atau pun ciri-ciri media pembelajaran yang lebih modern karena mempunyai kemampuan untuk memantau kegiatan pembelajaran jarak jauh secara real-time.

7. Membantu Proses Komunikasi Pemerintahan

Manfaat yang didapat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi lainnya yaitu membantu dalam proses komunikasi pemerintahan.

Saat ini, teknologi komunikasi dan informasi pun sudah mulai merambah ke dalam pemerintahan. Beragam sistem pemerintahan di seluruh dunia sudah mulai menggunakan teknologi informasi untuk menyuguhkan akses kepada masyarakat agar mendapatkan informasi pemerintah yang ini dikenal dengan e-government. Hak dari warga negara untuk mendapatkan informasi yang jelas, akurat sehingga dapat dipertanggungjawabkan dapat terpenuhi.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

8. Komunikasi Tanpa Batas

Dengan adanya internet sebagai hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang memberikan pengaruh komunikasi antar manusia. Adanya internet sebagai faktor pendukung dari komunikasi online sudah membuat komunikasi dan informasi menjadi tanpa batas.

Kita dapat mengetahui informasi tentang berbagai peristiwa di seluruh dunia dan dapat berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Kita tidak harus pergi ke berbagai negara untuk dapat berkomunikasi dengan teman atau siapa pun yang ada di negara seberang.

9. Berbaginformasi secara efektif

Dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi mengakibatkan semakin mudahnya kita untuk saling bertukar informasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Orang-orang dapat saling berbagi atau pun bertukar informasi, pendapat,  berita melalui diskusi kelompok, forum-forum daring lainnya dan juga berdampak pada semakin bertambahnya pengetahuan.

10. Membuka Peluang Agar Dapat Bekerja Secara Daring

Bekerja secara daring atau pun bekerja jarak jauh merupakan salah satu manfaat lainnya dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

Saat ini, banyak sekali orang yang lebih menyukai bekerja secara daring karena mereka mempertimbangkan berbagai macam hal yaitu contohnya lebih nyaman,mengurangi pengeluaran biaya transportasi yang harus dianggarkan oleh karyawan, mengurangi waktu untuk perjalanan pergi dan pulang kerja, tingkat stress menjadi lebih rendah, dan lain sebagainya.

Tapi untuk bisa bekerja secara daring maka perlu memperhatikan hal-hal yang bisa menunjang kerja secara daring misalnya insfrastruktur teknologi informasi yang berkualitas, literasi komputer yang baik, jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di berbagai tempat dengan menggunakan komputer dan program komputer tertentu, karyawan yang mempunyai sikap profesional dalam bekerja, dan lain sebagainya.

11. Membentuk Komunitas Secara Virtual

Istilah komunitas virtual atau disebut komunitas online mencakup sekelompok orang yang berkomunikasi melalui jejaring sosial, forum, layanan pesan instan, atau pun blog. Disebut komunitas karena terdiri dari sekelompok orang yang mempunyai minat dan kegemaran yang sama dan juga berpartisipasi dalam kelompok yang dibentuk.

Disebut virtual karena mereka dalam berkomunikasi tidak melibatkan kontak fisik. Manfaat komunitas online pastinya sangat bervariasi, selain sebagai wadah untuk kreativitas dan saling berbagi informasi, komunitas virtual atau disebut komunitas online juga dapat mempererat silaturahmi antar anggota kelompok.

12. Menghilangkan Biaya komunikasi

Manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi selanjutnya yaitu dapat menghilangkan biaya komunikasi. Dulu, untuk dapat berkomunikasi antar kota harus melalui jaringan telepon yang membutuhkan biaya cukup besar.

Saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, beragam peralatan komunikasi seperti telepon pintar pun diproduksi secara massal dan dengan harga yang terjangkau.

Setiap orang dapat berkomunikasi dengan siapapun, dimanapun dan kapan pun. Untuk dapat berkomunikasi jarak jauh, sepanjang terhubung dengan internet, dapat dilakukan dengan beragam layanan pesan instan dan biaya juga terjangkau. Hal ini memungkinkan orang-orang untuk memiliki akses terhadap data yang berlimpah dengan harga yang bersaing.

13. Terciptanya Beragam Alat Berteknologi Modern

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi memiliki dampak yaitu ditemukannya berbagai peralatan yang berteknologi modern. Alat-alat ini tentu sangat bermanfaat dan dapat membantu kehidupan manusia di berbagai bidang jika digunakan sesuai dengan fungsinya.

Contohnya yaitu komputer. Setelah adanya komputer generasi kelima maka teknologi komputer menjadi semakin canggih, modern, dan juga memuaskan. Semakin canggihnya kinerja komputer tentu sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia di berbagai bidang misalnya kesehatan, pendidikan, militer, dan lain sebagainya.

14. Terciptanya lingkungan tanpa kertas

Semakin majunya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi maka secara tidak langsung sudah menciptakan lingkungan tanpa kertas. Beragam informasi saat ini sudah tidak lagi disimpan dalam bentuk hardcopy namun softcopy sehingga dapat disimpan dan dipanggil kembali melalui media digital bila nantinya diperlukan.

Contohnya komunikasi online atau komunikasi daring yang dilakukan melalui surat elektronik, pesan instan dan lain sebagainya maka dapat membantu menciptakan lingkungan tanpa kertas. Semakin sedikit jumlah kertas yang digunakan maka membuat lingkungan hidup pun akan semakin terjaga. Terjaganya ekosistem hutan merupakan akibat semakin sedikitnya jumlah pohon yang ditebang untuk bahan utama pembuatan kertas.

15. Lingkungan dapat lebih terjaga

Manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang terakhir yaitu membuat lingkungan sekitar menjadi lebih terjaga. Semakin majunya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pasti akan berdampak pada semakin banyaknya jumlah perangkat baru yang dapat diproduksi.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan lingkungan, saat ini banyak komponen komputer atau perangkat lainnya dapat didaur ulang. Banyak sekali perusahaan yang dapat memberikan layanan untuk mendaur ulang komputer agar aman dibuang atau dijual dalam bentuk yang baru.

Manfaat Mempelajari Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi

Mempelajari manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dapat meliputi :

  • Kita dapat mengetahui dan memahami mengenai pengertian teknologi komunikasi dan informasi.
  • Kita dapat mengetahui dan memahami beragam manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

Demikian ulasan mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dimana memiliki peran sangat penting, khususnya di jaman sekarang yang merupakan zaman modern dengan tingkat perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *