Tahapan Pembuatan Jalan dan Pengaspalan

Tahapan Pembuatan Jalan dan PengaspalanSering kita melihat para pekerja sedang melakukan perbaikan jalan atau para pekerja sedang melakukan pengaspalan jalan. Namun banyak dari kita yang mengetahui secara tepat dan benar bagaimana proses pembuatan jalan hingga melakukan pengaspalan

Tahapan Pembuatan Jalan dan Pengaspalan

Tahapan Pembuatan Jalan dan Pengaspalan

Untuk itu, ada kalanya kita perlu tahu bagaimana proses pembuatan jalan dan bagaimana cara pengaspalan yang dapat dilakukan dengan baik dan benar. Dalam pembuatan jalan dan pengaspalan pada dasarnya terdiri dari beberapa tahapan, adapun tahapan dalam pembuatan jalan dan pengaspalan tersebut meliputi :

1. Pekerjaan Pemetaan  atau Pengukuran Badan Jalan

Adanya tahapan ini dilakukan agar badan jalan dapat sesuai dengan ukuran yang diinginkan oleh pembuatnya.

2. Pekerjaan Clearing dan Grubbing

Ini merupakan pekerjaan pembersihan badan jalan yang dimulai dari pohon dan juga sampah. Sebelum nantinya pembangunan jalan berlangsung maka lahan perlu dilakukan pembersihan terlebih dulu sebelumnya dari berbagai sampah dan juga pepohonan, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi masalah ketika di kemudian hari.

3. Pekerjaan Stripping

Dalam tahap ini dapat diartikan sebagai pekerjaan dalam pembentukan badan jalan yang dimana pekerjaan ini dilakukan agar bentuk badan pada jalan sesuai dengan apa yang diinginkan seperti tinggi jalan dan belokannya apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum.

4. Pekerjaan Sub Grade

Pekerjaan sub grade merupakan pekerjaan dalam hal pemadatan tanah dengan menggunakan alat pemadatan tanah. Sebelum melakukan penghamparan pondasi bawah, perlu sekali melakukan proses pemadatan pada tanah terlebih dahulu dengan menggunakan alat pemadatan tanah berupa alat bulldozer dan vibrator roller.

5. Pekerjaan Sub Base Course

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan pondasi bawah yang untuk selanjutnya dilakukan penghamparan material pondasi bawah yang berupa batu kali dengan menggunakan alat transportasi berupa dump truck, selanjutnya dilakukan perataan dan dilakukan pemadatan dengan menggunakan alat pemadatan berupa tandem roller pemadatan subgrade.

6. Pekerjaan Base Course

Pekerjaan base course ini disebut juga dengan nama pondasi atas dimana pada pekerjaan ini dilakukan penghamparan material pondasi bawah sepertihalnya dengan menggunakan dump truck yang dilakukan perataan kembali dengan menggunakan tandem roller dan sebelum hamparan lapisan atas dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *