Teknologi Informasi Dalam Bidang Kesehatan

Teknologi Informasi Dalam Bidang Kesehatan – Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara pembuatan alat-alat yang dapat membantu pekerjaan manusia sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam kehidupan merupakan pengertian dari teknologi. Sedangkan suatu fasilitas berupa hardware atau software yang dapat memberikan peningkatan kualitas informasi bagi masyarakat luas dengan cepat dan tepat merupakan pengertian dari teknologi informasi.

Peran Teknologi Informasi dalam Bidang Kesehatan

Teknologi Informasi Dalam Bidang Kesehatan

Kemajuan teknologi sudah berpengaruh ke berbagai bidang, dengan perkembangan teknologi saat ini yang sangatlah pesat. Di era revolusi industri 4.0 saat ini juga,teknologi sangat berperan penting. Mulai dari bidang transportasi, ekonomi, dan pendidikan. Selain bidang bidang tersebut kemajuan teknologi informasi juga berpengaruh dalam bidang kesehatan. Pentingnya aspek kesehatan bagi manusia, membuat teknologi informasi dalam bidang ini sangat dibutuhkan.

Peran teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang ada di Rumah Sakit dan klinik klinik kesehatan sangatlah penting. Dengan meningkatnya kualitas dan fasilitas pelayanan di Rumah Sakit dan klinik klinik kesehatan, akan semakin terjamin pula meningkat pula jiwa manusia yang tertolong.

Peranan teknologi informasi pada bidang kesehatan juga memudahkan pekerja medis dalam mengelola dan menyimpan data administrasi rumah sakit atau klinik klinik kesehatan, mendiagnosa penyakit pasien, menganalisis bagian dalam organ tubuh manusia yang sulit dilihat, penentuan obat yang tepat untuk pasien, melakukan riset bidang kedokteran, rekam medik, dan masih banyak lainnya. Saat melakukan rekam medik, sebelumnya kita menuliskan formulir pasien secara manual, kini para pekerja medis tidak perlu repot, cukup menggunakan yang namanya e-Healt, dapat diakses dimana saja dan kapan saja serta pengambilan data pasien dapat dilakukan secara daring. Cara tersebut dapat menekan jumlah biaya penggunaan yang dikeluarkan.

Selain manfaat yang banyak diberikan oleh kemajuan teknologi informasi untuk bidang kesehatan, seperti pemerataan akses dan informasi terhadap kesehatan. Pastinya ada pula dampak negatif yang ditimbulkan oleh hal tersebut. Seperti mampu membawa kekhawatiran terhadap eksistensi profesi dokter dan tenaga kesehatan lainnya di tengah-tengah masyarakat dengan berkembangnya teknologi tentang penyedia informasi kesehatan atau alat diagnosa kesehatan

Manfaat Teknologi di Bidang Kesehatan

Perkembangan teknologi memang semakin pesat seiring berjalannya waktu. Membantu dalam setiap kegiatan sehari hari dalam berbagai bidang. Seperti dalam bidang transportasi, kita dimudahkan dengan adanya kendaraan yang dapat membawa kita sampai tujuan cepat, tanpa perlu berjalan jauh untuk membawa kita sampai ke tujuan. Selain itu berkembang pula yang namanya ponsel atau handphone. Ponsel atau handphone dapat memberikan kita informasi beragam dari berbagai daerah bahkan negara di belahan dunia. Namun, selain masalah jarak dan komunikasi teknologi informasi juga memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi bidang kesehatan. Apa saja manfaat teknologi informasi bagi bidang kesehatan ? Beberapa manfaat :

1. Mempermudah tenaga medis dalam melakukan pertolongan kepada pasien

Dokter dan tenaga medis lainnya akan lebih mudah dalam menjangkau pasien. Dokter dan tenaga medis dapat memiliki waktu dan tempat yang lebih fleksibel untuk menolong pasien tanpa harus bertatap muka dengan adanya koneksi internet dan ponsel

2. Penyimpanan dan perawatan data menjadi lebih mudah

Tidak hanya memudahkan dari sisi pasien dan tenaga medis saja, teknologi yang berkembang juga dapat memudahkan dari sisi penyedia layanan kesehatan. Dalam pengadministrasiannya, penyedia layanan akan menjadi lebih mudah dalam menyimpan data-data penting milik pasien seperti rekam medis, atau data penting lainnya, kemudian dapat dengan mudah juga dalam membuka dan menyimpan data kembali.

3. Alat pemasaran

Makna dari alat pemasaran yaitu pelayanan kesehatan dapat memasang iklan atau membuat website yang memuat informasi mengenai produk-produknya menggunakan teknologi saat ini.

4. Monitoring secara online

Dokter dan tenaga medis dapat melakukan monitoring kondisi pasien secara online, bahkan pasien dengan kondisi yang hampir pulih juga dapat tetap dimonitoring secara online dengan baik.

5. Menjangkau pasien lebih luas

Pelayanan kesehatan dapat menjangkau pasien lebih luas,dengan adanya teknologi. Pasien dari berbagai daerah dapat mengetahui mengenai keberadaan dan informasi pelayanan kesehatan dan dapat meningkatkan angka kunjungan pasien ke pelayanan kesehatan. Hal ini juga membuat pelayanan kesehatan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *