Terowongan Terpanjang di Dunia dan Kegunaannya

Terowongan Terpanjang di Dunia – Kini perkembangan infrastruktur seperti terowongan sudah berkembang semakin maju, oleh karena itu dapat memberikan keefisienan pada pengguna ketika melintasinya. Terowongan dapat diartikan sebagai tempat tembusan yang berada dibawah permukaan tanah ataupun gunung. Ini merupakan sebuah konstruksi bangunan penghubung yang setiap sisinya tertutup kecuali pada bagian ujungnya yang terbuka pada lingkungan luar.

Terowongan Terpanjang di Dunia

Ada beberapa ahli teknik sipil yang mendefinisikan mengenai tembusan yang berada dibawah permukaan yang memiliki panjang minimal 0,1 mil, dan yang lebih pendek dari itu lebih pantas disebut underpass. Dalam pembangunan sebuah terowongan yang biasanya digunakan sebagai lalu lintas kendaraan ini memerlukan biaya dan investasi yang sangat besar.

Kegunaan Terowongan

Akan tetapi bangunan tersebut dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi Negara dan masyarakat setempat terutama dalam mempercepat pertumbuhan ekonominya. Berdasarkan kegunaannya ada 2 kelompok terowongan yang dapat diketahui yaitu :

1. Lalu lintas

Dibuat dengan tujuan untuk menjamin transportasi langsung dari penumpang atau barang terhadap rintangan yang ada. Biasanya rintangan tersebut berupa rintangan alam seperti gunung, sungai, laut, maupun rintangan yaitu karena aktivitas manusia. Pada terowongan lalu lintas biasanya banyak digunakan untuk mengangkut material tambang atau barang dan manusia sebagai media transportasi. Adapun yang termasuk kelompok terowongan lalu lintas yaitu terowongan kereta api, terowongan transportasi ditambang bawah tanah, terowongan jalan raya, terowongan pejalan kaki, terowongan navigasi, dan terowongan transportasi dibawah kota.

2. Angkutan umum

Ini merupakan jenis terowongan yang berfungsi sebagai media transportasi material atau barang dan manusia yang untuk kepentingan masyarakat banyak, seperti media penyalur aliran air untuk tenaga listrik dan sebagainya. Adapun contoh dari jenis terowongan ini yaitu terowongan stasiun pembangkit listrik tenaga air, terowongan penyediaan air, terowongan untuk saluran air kotor, terowongan yang digunakan untuk kepentingan umum, terowongan untuk angkutan di dalam daerah industri pabrik. 

3 Terowongan Terpanjang di Dunia

1. Terowongan Gotthard Base Tunnel

Terowongan baru terselesaikan pada Agustus 2015 ini lokasinya berada di Swiss, Eropa dengan panjangnya mencapai 57,1 km. Pembangunan terowongan ini berguna sebagai jalan rel kereta api untuk penumpang dan barang.

2. Terowongan Seikan

Terowongan ini terdapat di negara Jepang dengan panjang terowongan mencapai 53,9 km. Terowongan ini diperuntukkan sebagai jalan rel kereta api yang digunakan untuk penumpang ataupun barang.

3. Terowongan Eurotunnel

Terowongan yang dibuat sebagai jalan kereta api ini berfungsi untuk memudahkan penumpang yang hendak melintasi daerah satu ke daerah yang lain, tidak hanya digunakan sebagai penumpang tapi dapat digunakan juga untuk mengangkut barang. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 50,5 km yang berlokasi di Perancis dan Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *